1 Timotius 2:1--6:2
Mengenai doa jemaat
2:1 Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan,
doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang,
2:2 untuk raja-raja dan untuk semua pembesar,
agar kita dapat hidup tenang dan tenteram dalam segala kesalehan
dan kehormatan.
2:3 Itulah yang baik dan yang berkenan
kepada Allah, Juruselamat
kita,
2:4 yang menghendaki
supaya semua orang
diselamatkan
1 dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran.
2:5 Karena Allah
itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara
2 antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,
2:6 yang telah menyerahkan diri-Nya sebagai tebusan
bagi semua manusia
3 : itu kesaksian
pada waktu yang ditentukan.
2:7 Untuk kesaksian itulah aku telah ditetapkan sebagai pemberita dan rasul--yang kukatakan ini benar, aku tidak berdusta
--dan sebagai pengajar
orang-orang bukan Yahudi,
dalam iman dan kebenaran.
Mengenai sikap orang laki-laki dan perempuan dalam ibadah jemaat
2:8 Oleh karena itu aku ingin, supaya di mana-mana orang laki-laki berdoa dengan menadahkan tangan
yang suci
4 , tanpa marah dan tanpa perselisihan.
2:9 Demikian juga hendaknya perempuan. Hendaklah ia berdandan dengan pantas
5 , dengan sopan dan sederhana, rambutnya jangan berkepang-kepang, jangan memakai emas
6 atau mutiara ataupun pakaian yang mahal-mahal,
2:10 tetapi hendaklah ia berdandan dengan perbuatan
baik, seperti yang layak bagi perempuan yang beribadah.
2:11 Seharusnyalah perempuan berdiam diri dan menerima ajaran dengan patuh.
2:12 Aku tidak mengizinkan perempuan mengajar dan juga tidak mengizinkannya memerintah laki-laki; hendaklah ia berdiam diri.
2:13 Karena Adam yang pertama dijadikan
7 , kemudian barulah Hawa.
2:14 Lagipula bukan Adam yang tergoda, melainkan perempuan itulah yang tergoda dan jatuh ke dalam dosa.
2:15 Tetapi perempuan akan diselamatkan karena melahirkan anak
8 , asal ia bertekun dalam iman dan kasih
dan pengudusan dengan segala kesederhanaan.
Syarat-syarat bagi penilik jemaat
3:1 Benarlah perkataan ini:
"Orang yang menghendaki jabatan penilik
jemaat
9 menginginkan pekerjaan yang indah."
3:2 Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat
10 ,
suami dari satu isteri,
dapat menahan diri,
bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan,
cakap mengajar
orang,
3:3 bukan peminum
11 ,
bukan pemarah
melainkan peramah, pendamai, bukan hamba uang,
3:4 seorang kepala keluarga yang baik
12 , disegani dan dihormati
oleh anak-anaknya.
3:5 Jikalau seorang tidak tahu mengepalai keluarganya sendiri, bagaimanakah ia dapat mengurus Jemaat
Allah?
3:6 Janganlah ia seorang yang baru bertobat, agar jangan ia menjadi sombong
dan kena hukuman
Iblis.
3:7 Hendaklah ia juga mempunyai nama baik
13 di luar jemaat,
agar jangan ia digugat orang dan jatuh ke dalam jerat Iblis.
Syarat-syarat bagi diaken
3:8 Demikian juga diaken-diaken
14 haruslah orang terhormat, jangan bercabang lidah, jangan penggemar anggur
15 ,
jangan serakah,
3:9 melainkan orang yang memelihara rahasia iman dalam hati nurani
yang suci.
3:10 Mereka juga harus diuji
dahulu, baru ditetapkan dalam pelayanan itu setelah ternyata mereka tak bercacat.
3:11 Demikian pula isteri-isteri hendaklah orang terhormat, jangan pemfitnah,
hendaklah dapat menahan diri
dan dapat dipercayai dalam segala hal.
3:12 Diaken haruslah suami dari satu isteri
dan mengurus anak-anaknya dan keluarganya dengan baik.
3:13 Karena mereka yang melayani dengan baik beroleh kedudukan yang baik sehingga dalam iman kepada Kristus Yesus mereka dapat bersaksi dengan leluasa.
Jemaat Allah, dasar dan penopang kebenaran
3:14 Semuanya itu kutuliskan kepadamu, walaupun kuharap segera dapat mengunjungi engkau.
3:15 Jadi jika aku terlambat, sudahlah engkau tahu bagaimana orang harus hidup sebagai keluarga Allah, yakni jemaat
dari Allah
yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran
16 .
3:16 Dan sesungguhnya agunglah rahasia
ibadah
kita: "Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia,
dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa
yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan.
"
Tugas Timotius dalam menghadapi pengajar sesat
4:1 Tetapi Roh
dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian,
ada orang yang akan murtad
17 lalu mengikuti roh-roh penyesat
dan ajaran setan-setan
4:2 oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap
mereka.
4:3 Mereka itu melarang orang kawin,
melarang orang makan makanan
yang diciptakan
Allah supaya dengan pengucapan syukur
dimakan oleh orang yang percaya dan yang telah mengenal kebenaran.
4:4 Karena semua yang diciptakan Allah itu baik
dan suatupun tidak ada yang haram,
jika diterima dengan ucapan syukur,
4:5 sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah
dan oleh doa.
4:6 Dengan selalu mengingatkan hal-hal itu kepada saudara-saudara kita, engkau akan menjadi seorang pelayan Kristus Yesus yang baik, terdidik dalam soal-soal pokok iman
kita dan dalam ajaran sehat yang telah kauikuti
selama ini.
4:7 Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng
nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah.
4:8 Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal,
karena mengandung janji, baik untuk hidup ini
maupun untuk hidup yang akan datang.
4:9 Perkataan
ini benar dan patut diterima sepenuhnya.
4:10 Itulah sebabnya kita berjerih payah dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah
yang hidup, Juruselamat semua manusia,
terutama mereka yang percaya.
4:11 Beritakanlah dan ajarkanlah semuanya itu.
4:12 Jangan seorangpun menganggap engkau rendah
karena engkau muda. Jadilah teladan
18 bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu
dan dalam kesucianmu.
4:13 Sementara itu, sampai aku datang
bertekunlah dalam membaca Kitab-kitab Suci,
dalam membangun dan dalam mengajar.
4:14 Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu, yang telah diberikan kepadamu oleh nubuat
dan dengan penumpangan tangan
sidang penatua.
4:15 Perhatikanlah semuanya itu, hiduplah di dalamnya supaya kemajuanmu nyata kepada semua orang.
4:16 Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan
dirimu dan semua orang yang mendengar engkau
19 .
Mengenai saudara-saudara seiman
5:1 Janganlah engkau keras
terhadap orang yang tua,
melainkan tegorlah dia sebagai bapa. Tegorlah orang-orang muda
sebagai saudaramu,
5:2 perempuan-perempuan tua sebagai ibu dan perempuan-perempuan muda sebagai adikmu dengan penuh kemurnian.
Mengenai janda
5:3 Hormatilah janda-janda yang benar-benar janda.
5:4 Tetapi jikalau seorang janda mempunyai anak atau cucu, hendaknya mereka itu pertama-tama belajar berbakti kepada kaum keluarganya sendiri dan membalas budi orang tua dan nenek
mereka, karena itulah yang berkenan kepada Allah.
5:5 Sedangkan seorang janda yang benar-benar janda,
yang ditinggalkan seorang diri, menaruh harapannya kepada Allah
dan bertekun dalam permohonan dan doa
siang malam
20 .
5:6 Tetapi seorang janda yang hidup mewah dan berlebih-lebihan, ia sudah mati selagi hidup.
5:7 Peringatkanlah hal-hal ini
juga kepada janda-janda itu agar mereka hidup dengan tidak bercela.
5:8 Tetapi jika ada seorang yang tidak memeliharakan sanak saudaranya, apalagi seisi rumahnya, orang itu murtad
dan lebih buruk dari orang yang tidak beriman.
5:9 Yang didaftarkan
21 sebagai janda, hanyalah mereka yang tidak kurang dari enam puluh tahun, yang hanya satu kali bersuami
5:10 dan yang terbukti telah melakukan pekerjaan
yang baik, seperti mengasuh anak, memberi tumpangan,
membasuh kaki
saudara-saudara seiman, menolong orang yang hidup dalam kesesakan
--pendeknya mereka yang telah menggunakan segala kesempatan untuk berbuat baik.
5:11 Tolaklah pendaftaran janda-janda yang lebih muda. Karena apabila mereka sekali digairahkan oleh keberahian yang menceraikan mereka dari Kristus, mereka itu ingin kawin
5:12 dan dengan memungkiri kesetiaan mereka yang semula kepada-Nya, mereka mendatangkan hukuman atas dirinya.
5:13 Lagipula dengan keluar masuk rumah orang, mereka membiasakan diri bermalas-malas dan bukan hanya bermalas-malas saja, tetapi juga meleter
dan mencampuri soal orang lain
dan mengatakan hal-hal yang tidak pantas.
5:14 Karena itu aku mau supaya janda-janda yang muda kawin
lagi, beroleh anak, memimpin rumah tangganya dan jangan memberi alasan kepada lawan untuk memburuk-burukkan
nama kita.
5:15 Karena beberapa janda telah tersesat mengikut Iblis.
5:16 Jika seorang laki-laki atau perempuan yang percaya mempunyai anggota keluarga yang janda, hendaklah ia membantu mereka sehingga mereka jangan menjadi beban bagi jemaat. Dengan demikian jemaat dapat membantu mereka yang benar-benar janda.
Beberapa petunjuk dan nasihat lagi
5:17 Penatua-penatua
yang baik pimpinannya
22 patut dihormati
dua kali lipat, terutama mereka yang dengan jerih payah berkhotbah dan mengajar.
5:18 Bukankah Kitab Suci berkata: "Janganlah engkau memberangus mulut lembu yang sedang mengirik,
" dan lagi
"seorang pekerja patut mendapat upahnya."
5:19 Janganlah engkau menerima tuduhan atas seorang penatua
kecuali kalau didukung dua atau tiga orang saksi.
5:20 Mereka yang berbuat dosa hendaklah kautegor
di depan semua orang
23 agar yang lain itupun takut.
5:21 Di hadapan Allah dan Kristus Yesus
dan malaikat-malaikat pilihan-Nya kupesankan dengan sungguh kepadamu: camkanlah petunjuk ini tanpa prasangka dan bertindaklah dalam segala sesuatu tanpa memihak.
5:22 Janganlah engkau terburu-buru menumpangkan tangan
24 atas seseorang dan janganlah terbawa-bawa ke dalam dosa orang lain.
Jagalah kemurnian
dirimu.
5:23 Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur
sedikit
25 , berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah.
5:24 Dosa beberapa orang menyolok, seakan-akan mendahului mereka ke pengadilan, tetapi dosa beberapa orang lagi baru menjadi nyata kemudian.
5:25 Demikianpun perbuatan baik itu segera nyata dan kalau tidak demikian, ia tidak dapat terus tinggal tersembunyi.
6:1 Semua orang yang menanggung beban perbudakan
26 hendaknya menganggap tuan mereka layak mendapat segala penghormatan,
agar nama Allah dan ajaran kita jangan dihujat
orang.
Mengenai penyakit bersilat kata dan mengenai cinta uang
6:2 Jika tuan mereka seorang percaya, janganlah ia kurang disegani karena bersaudara
dalam Kristus, melainkan hendaklah ia dilayani mereka dengan lebih baik lagi, karena tuan yang menerima berkat pelayanan mereka ialah saudara yang percaya dan yang kekasih.
(6-2b) Ajarkanlah dan nasihatkanlah semuanya ini.
1 Full Life: YANG MENGHENDAKI SUPAYA SEMUA ORANG DISELAMATKAN.
Nas : 1Tim 2:4
Alkitab menyatakan dua aspek kehendak Allah untuk manusia berhubung
dengan masalah keselamatan: kehendak-Nya yang sempurna dan kehendak-Nya
yang mengizinkan (lih. Mat 7:21; Luk 7:30; 13:34; Yoh 7:17; Kis 7:51;
lihat art. KEHENDAK ALLAH).
- 1) Kehendak Allah yang sempurna sungguh-sungguh menginginkan "supaya
semua orang diselamatkan". Allah tidak mau seorang pun binasa,
"melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat" (2Pet 3:9).
Aspek kehendak Allah ini berkaitan dengan apa yang diinginkan oleh-Nya,
dan bukan apa yang diizinkan-Nya.
- 2) Kehendak Allah yang mengizinkan berkaitan dengan apa yang dibiarkan
atau diizinkan oleh-Nya, dan bukan apa yang sebenarnya diinginkan-Nya.
Bahwa banyak orang tetap terhilang dalam dosa berhubungan dengan aspek
kehendak Allah ini dan bukan karena kehendak-Nya yang sempurna. Kalau
ada orang yang memilih untuk tetap tidak selamat, Allah akan mengizinkan
hal itu karena Dia tidak memaksa mereka yang menolak untuk menerima
keselamatan dari Anak-Nya. Dengan demikian, banyak hal yang terjadi di
dunia ini sebenarnya bertentangan dengan kehendak Allah yang sempurna
(yaitu dosa, hawa nafsu, kekerasan, kebencian, dan ketegaran hati),
tetapi dalam kehendak-Nya yang mengizinkan.
- 3) Kedua aspek kehendak Allah ini juga berfungsi dalam pengalaman hidup
yang menyedihkan dan mendukakan. Banyak penderitaan dan kesulitan
pribadi diizinkan Allah, tetapi belum tentu menjadi maksud atau
kehendak-Nya yang utama untuk orang itu. Karena dosa, pemberontakan, dan
kesembronoan, maka kesulitan dan kesukaran dapat terjadi tanpa
diinginkan Allah. Penderitaan pribadi kadang-kadang dapat disebabkan
karena prinsip ilahi "yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya"
(Gal 6:7).
2 Full Life: ESA PULA DIA YANG MENJADI PENGANTARA.
Nas : 1Tim 2:5
Kita harus mendekati Allah melalui Yesus Kristus saja
(Ibr 7:25), bersandar pada kematian-Nya sebagai korban untuk menutupi
dosa kita dan berdoa dengan iman memohon kekuatan dan belas kasihan untuk
menolong kita dengan semua kebutuhan kita (Ibr 4:4-16). Kita tidak
boleh membiarkan makhluk ciptaan apa pun menggantikan kedudukan Kristus ini
dengan berdoa kepadanya (lih. Ibr 8:6; 9:15; 12:24).
3 Full Life: TEBUSAN BAGI SEMUA MANUSIA.
Nas : 1Tim 2:6
Lihat cat. --> Mat 20:28.
[atau ref. Mat 20:28]
4 Full Life: DI MANA-MANA ORANG LAKI-LAKI BERDOA DENGAN MENADAHKAN TANGAN YANG SUCI.
Nas : 1Tim 2:8
Dalam penyembahan umum gereja PB, rupanya sudah biasa doa diucapkan
dengan suara keras (lih. Kis 4:24-31; bd. Ezr 3:12-13). Agar
berkenan kepada-Nya, doa harus dipanjatkan oleh mereka yang hidupnya kudus
dan benar di hadapan Allah, yaitu dengan "tangan yang suci".
5 Full Life: HENDAKNYA PEREMPUAN ... BERDANDAN DENGAN PANTAS.
Nas : 1Tim 2:9
Allah menghendaki wanita Kristen berdandan dengan pantas dan sopan.
- 1) Kata "pantas" (Yun. _aidos_) mengandung arti merasa malu bila
menampakkan bagian tubuh. Kata ini meliputi penolakan untuk berdandan
sedemikian rupa sehingga menarik perhatian kepada tubuh dan melewati
batas-batas kesenonohan yang patut. Sumber kesenonohan seseorang
terletak di dalam sifat atau batin. Dengan kata lain, kesenonohan adalah
manifestasi lahir dari kemurnian batin.
- 2) Berdandan secara tidak pantas yang mungkin menggairahkan keinginan
yang tidak suci merupakan kesalahan yang sama besarnya dengan keinginan
mesum yang terangsang. Tidak ada aktivitas atau keadaan yang membenarkan
hal berpakaian secara tidak pantas yang akan memperlihatkan tubuh
sehingga merangsang hawa nafsu dalam orang lain (bd. Gal 5:13;
Ef 4:27; Tit 2:11-12;
lihat cat. --> Mat 5:28).
[atau ref. Mat 5:28]
- 3) Adalah suatu kesaksian yang menyedihkan jikalau gereja mengabaikan
standar alkitabiah untuk berdandan dengan pantas dan malah menerima mode
duniawi. Pada dewasa ini yang serba membolehkan di bidang seksual,
gereja harus bertindak dan berdandan berbeda dari masyarakat yang bobrok
yang mengabaikan dan mencemoohkan keinginan Roh untuk kesenonohan,
kemurnian, dan pengekangan yang saleh (bd. Rom 12:1-2).
6 Full Life: JANGAN BERKEPANG-KEPANG, JANGAN MEMAKAI EMAS.
Nas : 1Tim 2:9
Frasa ini mungkin berarti mengepang rambut dengan menggunakan emas
atau perhiasan lain yang mewah.
7 Full Life: ADAM YANG PERTAMA DIJADIKAN.
Nas : 1Tim 2:13
Argumentasi Paulus untuk tanggung jawab laki-laki sebagai pimpinan
dan pembina rohani, baik di rumah maupun di gereja
(lihat cat. --> Ef 5:23;
[atau ref. Ef 5:23]
lihat art. ORANG-TUA DAN ANAK-ANAK),
mempunyai dua landasan.
- 1) Didasarkan pada maksud Allah dalam penciptaan. Allah menciptakan
laki-laki dahulu, dan dengan demikian menyatakan maksud-Nya bahwa
laki-laki harus mengatur dan memberi pimpinan kepada wanita dan
keluarga. Wanita, yang diciptakan setelah laki-laki, direncanakan
sebagai pendamping dan penolong dalam memenuhi kehendak Allah bagi
kehidupan mereka (Kej 2:18; 1Kor 11:8-9; 14:34).
- 2) Argumentasi Paulus ini juga didasarkan pada akibat yang merusak
apabila laki-laki dan wanita mengabaikan peranan yang diberikan Allah
kepada mereka dalam Taman Eden. Hawa, yang bertindak terlepas dari Adam
sebagai kepala, memakan buah terlarang itu. Adam, dengan mengabaikan
tanggung jawabnya sebagai pemimpin di bawah Allah, menyetujui
ketidaktaatan Hawa. Sebagai akibatnya dia jatuh juga dan membawa dosa
dan kematian atas seluruh umat manusia (ayat 1Tim 2:14; Kej 3:6,12;
Rom 5:12).
8 Full Life: PEREMPUAN AKAN DISELAMATKAN KARENA MELAHIRKAN ANAK.
Nas : 1Tim 2:15
Paulus mengatakan bahwa wanita pada umumnya akan diselamatkan oleh
iman kepada Allah dan dengan menerima tugas yang telah ditetapkan oleh
Pencipta mereka.
- 1) Kedudukan tertinggi dan martabat sejati wanita ialah sebagai istri
dan ibu yang saleh. Tidak ada sukacita, kesenangan batin, berkat, atau
kehormatan lebih tinggi yang dapat diperolehnya sebagai istri dan ibu
Kristen, selain dengan melahirkan anak-anak (1Tim 5:14), mengasihi
mereka (Tit 2:4), membesarkan mereka sehingga hidup bagi Kristus
untuk memuliakan Allah (bd. 2Tim 1:5; 3:14-15;
lihat art. ORANG-TUA DAN ANAK-ANAK),
dan dia tetap setia kepada Juruselamatnya (ayat 1Tim 2:15).
- 2) Kehormatan dan martabat melahirkan anak jangan diremehkan oleh orang
Kristen. Kemampuan melahirkan anak dari Marialah yang menjadi saluran
keselamatan bagi umat manusia (Kej 3:15; Mat 1:18-25).
- 3) Masyarakat, kebudayaan, dan gereja yang merendahkan atau menolak
maksud Allah untuk wanita, dan dengan demikian menurunkan nilai
keluarga, rumah tangga, dan ibu Kristen akan semakin banyak mengalami
kehancuran dalam pernikahan, keluarga, dan masyarakat
(lihat cat. --> 2Tim 3:3).
[atau ref. 2Tim 3:3]
- 4) Pernyataan Paulus kepada wanita Kristen bukan bermaksud merendahkan
martabat wanita yang tidak menikah atau tidak bisa mempunyai anak. Iman,
kasih, dan kekudusan wanita demikian dapat setingkat dengan wanita yang
berkeluarga
(lihat cat. --> 1Kor 7:34).
[atau ref. 1Kor 7:34]
9 Full Life: ORANG YANG MENGHENDAKI JABATAN PENILIK JEMAAT.
Nas : 1Tim 3:1-7
Untuk pembahasan tentang syarat-syarat menjadi penilik jemaat atau
gembala
lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).
10 Full Life: SEORANG YANG TAK BERCACAT.
Nas : 1Tim 3:2
Seorang calon penilik jemaat harus "tak bercacat" (Yun.
_anepilemptos_, secara harfiah berarti "bukan untuk dipegang"). Hal ini
berhubungan dengan perilaku yang sudah terbukti benar, yang tak bercacat
dalam kehidupan pernikahan, rumah tangga, sosial, dan usaha. Seorang
penilik jemaat sebaiknya jangan sampai dituntut telah melakukan kemesuman
atau perbuatan yang tidak senonoh. Sebaliknya, dia harus mempunyai reputasi
tidak bercela di hadapan orang yang di dalam dan di luar gereja
(lihat cat. --> 1Tim 3:7),
[atau ref. 1Tim 3:7]
karena kehidupan Kristennya tidak dirusaki oleh dosa atau kemesuman karena
kebiasaan atau kebetulan. Dengan demikian ia dapat menjadi teladan yang
akan diikuti oleh semua
(lihat cat. --> 1Tim 4:12).
[atau ref. 1Tim 4:12]
11 Full Life: BUKAN PEMINUM.
Nas : 1Tim 3:3
Frasa ini (Yun. _me paroinon_, dari _me_, berarti "tidak" dan
_paroinos_, kata majemuk yang berarti "pada, dengan, dekat anggur") yang
diterjemahkan harfiah "tidak dekat atau dengan anggur," "tidak bersama
dengan anggur". Di sini Alkitab menuntut bahwa seorang penilik jemaat tidak
boleh "duduk di samping anggur" atau "dengan anggur". Dengan kata lain, ia
tidak boleh minum anggur yang memabukkan, tergoda atau terbujuk olehnya,
atau "makan minum bersama-sama pemabuk-pemabuk" (Mat 24:49).
- 1) Pertarakan total dari anggur yang difermentasi merupakan peraturan
bagi para hakim dan raja dalam PL (Ams 31:4-7). Peraturan ini juga
berlaku bagi semua orang yang mencari pengabdian tingkat tertinggi
kepada Allah (Im 10:8-11; Bil 6:1-5; Hak 13:4-7; 1Sam 1:14-15;
Yer 35:2-6; lih. Ams 23:31;
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA
di mana akhirnya peraturan ini berlaku bagi seluruh umat Allah; bd.
Bil 6:3 dst).
- 2) Mereka yang menjadi pemimpin jemaat Kristus tak mungkin mempunyai
standar yang lebih rendah. Apalagi, semua orang percaya dalam gereja
disebut sebagai imamat yang rajani (1Pet 2:9; Wahy 1:6) dan dengan
demikian harus hidup sesuai dengan standar Allah yang tertinggi
(lihat cat. --> Yoh 2:3;
lihat cat. --> Ef 5:18;
lihat cat. --> 1Tes 5:6;
lihat cat. --> Tit 2:2;
[atau ref. Yoh 2:3; Ef 5:18; 1Tes 5:6; Tit 2:2]
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1)
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (2)).
12 Full Life: SEORANG KEPALA KELUARGA YANG BAIK.
Nas : 1Tim 3:4
Salah satu syarat kunci bagi seorang calon penilik jemaat adalah
kesetiaan dalam hubungan pernikahan dan keluarga. Untuk keterangan yang
lebih terinci
lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).
13 Full Life: JUGA MEMPUNYAI NAMA BAIK.
Nas : 1Tim 3:7
Seorang penilik atau calon penilik jemaat harus "mempunyai nama
baik" di dua kalangan:
(a) orang dalam, yaitu anggota gereja (ayat 1Tim 3:1-6) dan
(b) orang luar, yaitu orang di luar gereja (ayat 1Tim 3:7). Dia
harus memiliki reputasi dari dahulu dan sampai sekarang dari gaya
hidup benar yang sesuai dengan Injil Kristus.
14 Full Life: DIAKEN-DIAKEN.
Nas : 1Tim 3:8
Diaken (Yun. _diakonos_) berarti "seorang hamba". Salah satu fungsi
ditunjukkan dalam Kis 6:1-6. Mereka menolong gembala dengan mengurus
hal-hal jasmani dan bukan rohani dari gereja supaya gembala dapat
memusatkan diri pada doa dan pelayanan Firman (Kis 6:2). Syarat-syarat
rohani untuk jabatan diaken pada dasarnya sama dengan penilik dan gembala
(bd. ayat 1Tim 3:1-7 dengan ayat 1Tim 3:8-13; lih. Kis 6:3).
15 Full Life: JANGAN PENGGEMAR ANGGUR.
Nas : 1Tim 3:8
Mengenai syarat ini, hal-hal berikut ini perlu diperhatikan (juga
lihat cat. --> 1Tim 3:3).
[atau ref. 1Tim 3:3]
- 1) Secara moral mustahil sang rasul mengizinkan penggunaan terbatas
dari segala jenis anggur yang ada pada masa itu. Banyak macam anggur
waktu itu adalah campuran yang berbahaya (bd. Ams 23:29-35).
- 2) Beberapa orang menafsirkan bahwa Paulus mengatakan bahwa seorang
diaken tidak boleh terbiasa mabuk, dan dengan demikian secara tidak
langsung menyetujui minuman alkohol sekadarnya. Akan tetapi, Paulus
menyatakan bahwa kemabukan adalah dosa yang begitu buruk sehingga
pemabuk dilarang masuk kerajaan Allah (1Kor 6:10). Karena itu tak
masuk akal bahwa rasul Paulus akan menuntut sebagai syarat bagi diaken
(bd. ayat 1Tim 3:2) bahwa diaken itu jangan seorang yang terbiasa
mabuk (yaitu orang yang belum diselamatkan). Pastilah Paulus bermaksud
arti yang lain untuk kata "anggur" dalam ayat ini, bukan anggur yang
memabukkan.
- 3) Paulus bukannya menyetujui minuman alkohol sekadarnya, ia malah
memberikan peringatan terhadap keinginan dan penggunaan yang
berlebih-lebihan dari anggur yang tidak difermentasi di antara kalangan
orang kafir
(lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1)).
Kecanduan akan anggur yang tidak memabukkan menjadi sifat buruk umum
dalam masyarakat kafir bersamaan dengan kerakusan (lih. Plinius, Natural
History, 14.28.139). Paulus sedang menekankan penguasaan diri dalam
seluruh aspek kehidupan ini, bahkan dalam hal yang baik; perhatikan
Ams 25:27, yang mengatakan bahwa "Tidaklah baik makan banyak madu."
- 4) Bukan rasul Paulus saja yang memberikan nasihat semacam ini.
Literatur para Rabi berisi peringatan tentang penggunaan
berlebih-lebihan sari buah anggur yang tidak difermentasi. Literatur ini
mengatakan mengenai tirosh, suatu sari anggur yang terdiri atas
"berjenis-jenis sari buah yang manis dan sama sekali tidak boleh ada
anggur yang difermentasi" (Tosef., Ned. IV.3), yang "jikalau diminum
secara terbatas memberikan kepemimpinan; ... jikalau diminum berlebihan
mendatangkan kemiskinan" (Yoma 76b). "Orang yang biasa meminumnya pasti
akan menjadi miskin" (The Jewish Encyclopedia 12.533;
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1))
16 Full Life: JEMAAT ... TIANG PENOPANG DAN DASAR KEBENARAN.
Nas : 1Tim 3:15
Gereja harus menjadi dasar dari kebenaran Injil. Gereja meneguhkan
dan memelihara kebenaran yang dinyatakan oleh Kristus dan para rasul dengan
menerima serta menaatinya (Mat 13:23), menyimpannya dalam hati
(Mazm 119:11), memberitakannya sebagai Firman kehidupan (Fili 2:16),
membelanya (Fili 1:16), serta menunjukkan kuasanya dalam Roh Kudus
(Mr 16:15-20; Kis 1:8; 4:29-33; 6:8).
17 Full Life: ADA ORANG YANG AKAN MURTAD.
Nas : 1Tim 4:1
Roh Kudus dengan jelas telah menyatakan bahwa di waktu kemudian akan
muncul kemurtadan dari iman pribadi terhadap Kristus
(lihat art. KEMURTADAN PRIBADI)
dan kebenaran Alkitab (bd. 2Tes 2:3; Yud 1:3-4).
- 1) Di dalam gereja akan muncul hamba-hamba Tuhan yang karunianya luar
biasa dan diurapi dengan heran oleh Allah. Ada yang akan melakukan
hal-hal yang luar biasa bagi Allah dan memberitakan Injil dengan
efektif, tetapi mereka akan murtad dari iman dan berangsur-angsur akan
mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran palsu. Karena urapan dan semangat
bagi Allah yang dahulu, banyak orang akan tersesat oleh mereka
(lihat art. KESENGSARAAN BESAR).
- 2) Banyak orang percaya akan murtad dari iman karena mereka gagal
mengasihi kebenaran (2Tes 2:10) dan melawan berbagai kecenderungan
yang berdosa pada akhir zaman (bd. Mat 24:5,10-12;
lihat cat. --> 2Tim 3:2;
lihat cat. --> 2Tim 3:3).
[atau ref. 2Tim 3:2-3]
Demikianlah, Injil yang sudah diputarbalikkan oleh para pendeta dan
pembina yang berkompromi akan mengalami sedikit perlawanan dalam banyak
gereja (1Tim 4:1; 2Tim 3:5; 4:3;
lihat cat. --> 2Kor 11:13).
[atau ref. 2Kor 11:13]
- 3) Popularitas ajaran-ajaran yang tidak alkitabiah terutama akan
disebabkan karena Iblis memimpin pasukan setan dalam perlawanan yang
lebih hebat terhadap pekerjaan Tuhan. Kedatangan Kristus yang kedua kali
akan didahului oleh peningkatan satanisme, spiritisme, okultisme,
kerasukan setan, dan penipuan setan dalam dunia dan dalam gereja
(Ef 6:11-12;
lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN; dan
lihat art. ZAMAN ANTIKRISTUS).
- 4) Perlindungan orang percaya terhadap penipuan semacam itu meliputi
kesetiaan mutlak kepada Allah dan Firman-Nya yang terilham dan
pengetahuan bahwa orang dengan kharisma dan urapan dapat tertipu dan
kemudian menipu orang lain dengan campuran kebenaran dan kesalahan.
Kesadaran ini harus disertai kerinduan yang sungguh dalam hati seorang
percaya untuk melakukan kehendak Allah (Yoh 7:17) serta hidup dalam
kebenaran dan takut akan Allah (Mazm 25:4-5,12-15).
- 5) Orang percaya hendaknya jangan berpikir bahwa karena kemurtadan umum
terdapat di kalangan Kristen pada akhir zaman maka kebangunan rohani
yang sejati tak dapat terjadi atau pekabaran Injil menurut pola PB tidak
dapat berhasil. Allah telah berjanji bahwa "di hari-hari terakhir" Ia
akan menyelamatkan semua orang yang berseru kepada nama-Nya dan
memisahkan diri mereka dari angkatan yang rusak ini
(Kis 2:16-21,33,38-40; 3:19), dan mencurahkan Roh-Nya atas mereka.
18 Full Life: JADILAH TELADAN.
Nas : 1Tim 4:12
Ini merupakan salah satu syarat yang paling penting untuk seorang
pemimpin gereja. Kata Yunani yang diterjemahkan "teladan" adalah _tupos_
yang berarti "model", "gambar", "ideal" atau "pola". Seorang gembala
sidang, terutama, harus menjadi contoh dalam kesetiaan, kekudusan, dan
ketekunan dalam kesalehan. Jabatan penilik hanya boleh diisi oleh mereka
yang dari halnya gereja dapat mengatakan, "Orang ini telah menjalankan
hidup saleh yang layak dicontoh". Untuk keterangan selanjutnya mengenai hal
ini,
lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL BAGI PENILIK JEMAAT.
19 Full Life: KARENA DENGAN BERBUAT DEMIKIAN ENGKAU AKAN MENYELAMATKAN DIRIMU DAN SEMUA ORANG YANG MENDENGAR ENGKAU.
Nas : 1Tim 4:16
Menjalankan kehidupan yang kudus (ayat 1Tim 4:12), tetap peka
terhadap pekerjaan dan karunia Roh Kudus (ayat 1Tim 4:14), mengajarkan
ajaran yang benar (ayat 1Tim 4:13,15-16), memelihara iman
(1Tim 6:20; 2Tim 1:13-14;
lihat art. PENILIK JEMAAT DAN KEWAJIBANNYA)
dan memperhatikan kehidupan rohani pribadi (ayat 1Tim 4:16) adalah
lebih dari sekadar tanggung jawab pelayanan bagi Timotius. Semuanya ini
penting bagi keselamatannya sendiri (yang seka-rang dan yang kemudian:
lihat art. KATA-KATA ALKITABIAH UNTUK KESELAMATAN)
dan bagi mereka yang dilayani olehnya (bd. 2Tim 3:13-15).
20 Full Life: SEORANG JANDA ... BERTEKUN DALAM PERMOHONAN DAN DOA SIANG MALAM.
Nas : 1Tim 5:5
Para janda yang telah menyerahkan hidupnya kepada pekerjaan doa
perlu diperhatikan dan dibantu (apabila perlu) oleh gereja (ayat
1Tim 5:3). Kita diingatkan akan seorang janda bernama Hana yang "tidak
pernah meninggalkan Bait Allah dan siang malam beribadah dengan berpuasa
dan berdoa" (Luk 2:37). Kekristenan yang mula-mula menyebut janda
semacam itu "pendoa syafaat gereja", "penjaga pintu", dan "mezbah Allah".
21 Full Life: YANG DIDAFTARKAN.
Nas : 1Tim 5:9
Rupanya gereja di Efesus mempunyai daftar yang resmi dari
janda-janda yang berhak memperoleh sokongan materiel dari gereja (lih.
Ul 24:17). Di zaman PB gereja memberikan bantuan semacam itu karena
tidak ada bantuan atau uang pensiun dari pemerintah untuk janda yang tidak
ada keluarga atau anak untuk menolong mereka. Janda dituntut untuk
menunjukkan kemampuan rohani tertentu (ayat 1Tim 5:9-10), termasuk
ketekunan dalam melakukan perbuatan baik (ayat 1Tim 5:10) dan doa (ayat
1Tim 5:5).
22 Full Life: PENATUA-PENATUA YANG BAIK PIMPINANNYA.
Nas : 1Tim 5:17-19
Ayat-ayat ini berbicara tentang kehormatan yang layak diterima oleh
para penatua yaitu penilik yang memimpin dengan baik dan mengawasi
jiwa-jiwa orang percaya
(lihat art. PENILIK JEMAAT DAN KEWAJIBANNYA).
Mereka yang bekerja keras berkhotbah dan mengajar (bd. 1Kor 15:10;
1Tes 5:12-13) harus menerima kehormatan dua kali lipat. Yang
dimaksudkan ialah
- (1) membantu mereka dengan memberi tunjangan keuangan (bd.
1Kor 9:7-14) dan
- (2) tunduklah kepada mereka dalam hal perilaku Kristen
(Ibr 13:7; 1Pet 5:5).
23 Full Life: KAUTEGOR DI DEPAN SEMUA ORANG.
Nas : 1Tim 5:20
Firman Allah memberi berbagai prinsip dan pedoman berkaitan dengan
pelaksanaan disiplin terhadap penatua atau gembala (ayat 1Tim 5:20-22).
Karena para penatua yang saleh perlu sekali bagi gereja, tindakan-tindakan
berikut harus diambil bila seorang gembala atau pekerja gereja berbuat dosa
dan dosa itu telah dibuktikan (ayat 1Tim 5:19).
- 1) Seorang penatua tidak boleh menutupi atau berdiam diri tentang dosa
yang dilakukan penatua lain. Penatua yang bersalah itu harus "ditegor"
dan didisiplin. Dosanya harus disingkapkan "di depan semua orang",
supaya penatua yang lain "takut" dan tidak mau berbuat dosa.
- 2) Paulus mengingatkan bahwa tindakan disiplin harus dilaksanakan tanpa
pilih kasih atau tanpa memihak sebab sekali kelak semua akan berdiri "di
hadapan Allah, Yesus Kristus, dan malaikat-malaikat pilihan" (ayat
1Tim 5:21).
24 Full Life: JANGANLAH ENGKAU TERBURU-BURU MENUMPANGKAN TANGAN.
Nas : 1Tim 5:22
Paulus menegaskan beberapa hal mengenai pelantikan seorang penatua
(bd. 1Tim 4:14; Kis 6:6).
- 1) Tidak seorang pun yang boleh dilantik dengan terburu-buru untuk
jabatan ini. Artinya, sikap hati-hati yang pantas dan garis pedoman
alkitabiah harus ditaati dan dilaksanakan
(lihat cat. --> Tit 1:5;
[atau ref. Tit 1:5]
lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).
- 2) Melantik seseorang sebagai penatua adalah pernyataan umum kepada
gereja bahwa kehidupan orang itu telah memenuhi syarat Allah dalam hal
menekuni kesalehan seperti yang terdapat di 1Tim 3:1-7. Dengan kata
lain, orang yang hendak dilantik kepada suatu jabatan kepemimpinan harus
terkenal setia terhadap Tuhan selama mereka menjadi orang Kristen
- 3) Suatu jemaat yang melantik atau menetapkan seseorang kepada jabatan
kepemimpinan di dalam gereja dengan terburu-buru, yaitu dengan
mengabaikan garis pedoman Allah, menyebabkan jemaat itu "terbawa-bawa"
dalam dosa orang itu. Nasihat Paulus untuk "jaga kemurniaan dirimu",
berarti menolak untuk terlibat dalam memilih atau melantik orang yang
tidak layak untuk jabatan sebagai gembala.
25 Full Life: TAMBAHKANLAH ANGGUR SEDIKIT.
Nas : 1Tim 5:23
Teks :
- 1) Dengan jelas tersirat dalam ayat ini bahwa biasanya Timotius tidak
meminum jenis-jenis anggur yang dipakai oleh orang Yahudi zaman PB
(lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1)).
Jikalau Timotius sudah biasa minum anggur, maka Paulus tidak perlu
menasihatkan dia untuk menggunakan sedikit anggur untuk maksud
pengobatan
(lihat cat. --> 1Tim 3:3).
[atau ref. 1Tim 3:3]
- 2) Timotius menderita gangguan perut, mungkin disebabkan oleh unsur
alkali dalam air di Efesus. Oleh karena itu, Paulus menganjurkan agar
Timotius menambahkan sedikit anggur pada air untuk menawarkan efek yang
berbahaya dari unsur alkali. Menurut tulisan Yunani kuno di bidang
pengobatan, anggur yang dipakai untuk mengobati perut sering tidak
memabukkan. Athenaeus mengatakan, "Biarlah dia minum anggur manis, yang
dicampur dengan air atau dihangatkan, terutama jenis anggur yang disebut
protropos (sari buah yang berasal dari buah anggur sebelum diperas),
yang baik untuk perut, karena anggur manis (oinos) tidak membuat kepala
terasa berat" (Athenaeus, Banquet 2.24; juga lih. Plinius, Natural
History, 14.18).
- 3) Karena menghormati rasul Paulus, Timotius akan menggunakan "sedikit
anggur" bila perlu, dan hanya untuk maksud pengobatan. Ia akan
menggunakannya sebagai perkecualian atas kebiasaannya bertarak. Mengutip
nasihat Paulus kepada Timotius untuk membenarkan minum anggur yang
memabukkan demi pemuasan keinginan pribadi berarti memutarbalikkan
maksud ayat ini.
26 Full Life: MENANGGUNG BEBAN PERBUDAKAN.
Nas : 1Tim 6:1
Lihat cat. --> Kol 3:22.
[atau ref. Kol 3:22]